Arsip

Pembuatan Media Informasi dan Penyuluhan Tentang Pencegahan Dini Penyakit Demam Berdarah Pada Warga RW 002 Gg. Rahayu I-II, Ciumbeluit, Hegarmanah

23 Jun Pembuatan Media Informasi dan Penyuluhan Tentang Pencegahan Dini Penyakit Demam Berdarah Pada Warga RW 002 Gg. Rahayu I-II, Ciumbeluit, Hegarmanah

Warga RT 005/ RW 002 di wilayah Ciumbuleuit Gg. Rahayu, Hegarmanah, tinggal dalam pemukiman padat dan sebagian tinggal di sekitar bantaran kali Cikapundung yang melewati wilayah itu. Sebagian warga hidup dari sektor domestik, seperti berdagang kecil-kecilan dan membuka usaha penatu. Awalnya di daerah ini banyak warga membuka usaha kos-kos-an mahasiswa karena wilayah ini sangat strategis, terutama sekali dekat dengan beberapa perguruan tinggi besar seperti Universitas Katolik Parahyangan, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran dan masih banyak lagi. Akan tetapi sejak pembangunan komplek apartemen, para mahasiswa milenial kini lebih memilih tinggal di apartemen, dan berdampak pada perekonomian serta kualitas hidup warga.

Di tahun 1990-an sampai awal 2000, para mahasiswa pendatang yang tinggal di sana secara langsung maupun tidak langsung menjadi role model bagi para warga, khususnya para pemuda untuk hidup lebih baik dan juga lebih bersih selain untuk menjaga citra daerah tersebut sebagai hunian kos nyaman dan bersih bagi para mahasiswa. Ketika banyak apartemen berdiri dan terjadi pembebasan tanah untuk proyek tersebut, mahasiswa pendatang mulai beralih ke hunian yang lebih modern. Akibatnya kesadaran masyarkat sekitar untuk menjaga lingkungan mulai menurun dan dengan berkurangnya role model, maka para pemuda di daerah itu mulai abai tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Walaupun tampak bersih, di daerah ini bisa dikatakan cukup rawan bagi warga khususnya anak-anak untuk terjangkit penyakit demam berdarah. Bapak Tarya, selaku Ketua RT 005 meminta pada tim PKM untuk membuat suatu media informasi yang bisa membantu mensosialisasikan pencegahan penyakit demam berdarah di lingkungan RT 005 dan RW 005 dalam bentuk media yang mudah dipahami oleh masyarakat sekitar, yang kini berisi anak-anak warga yang sudah beranjak dewasa

Atas dasar inilah maka tim PKM yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dari  Universitas Telkom bermaksud untuk membuat sebuah media sosialisasi pencegahan penyakit demam berdarah dalam bentuk poster infografis yang disebar di setiap ruang terbuka dan publik di lingkungan RT 005/ RW 002 Jl. Ciumbeleuit Gg. Rahayu I dan II, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah perancangan dan pembuatan media poster penyuluhan berbasis infografis dan juga melakukan sharing seasion pada perwakilan warga setempat tentang bagaimana fungsi dan manfaat media infografis dalam melakukan penyuluhan kepada warga.

Kegiatan ini rencananya dilakukan dalam bentuk sharing sesion dan workshop untuk membuat materi ajar berbasis Infografis pada warga RW.002 Hegarmanah. Akan tetapi, karena pandemic Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala besar, maka pelaksanaan dilakukan dengan cara membuat infografis tentang bagaimana melakukan pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) terutama di masa pandemi covid-19 ini.  Kegiatan dilakukan pada tanggal 22 Mei 2020.

Metode transfer keilmuan tetap diterapkan pada pelaksanaan PKM kali ini berupa sharing knowledge mengenai fungsi bahasa visual sebagai bahasa komunikasi universal yang dapat digunakan dalam penyampaian informasi dilingkungan setempat, akan tetapi tim dan perwakilan warga RW 002 Hegarmanah tetap menerapkan socialdistancing / pembatasan sosial pada pelaksanaan kegiatan. Selain memberikan poster infografis yang akan ditempelkan di beberapa sudut jalan yang bisa terbaca oleh warga RT 005 dan RW 002, tim juga melakukan bakti sosial untuk membantu warga yang terdampak oleh Covid-19.

Other Languages »