S1 Seni Rupa Telkom University

02 Jul IMPLEMENTASI TEKNOLOGI LUKIS DIGITAL DALAM PEMBUATAN KARYA SENI RUPA MENGGUNAKAN APLIKASI IBIS PAINT BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MELONG MANDIRI 6 KOTA CIMAHI

Pendidikan seni rupa adalah salah satu upaya pengembangan diri untuk mengenali diri sendiri, menggali dan mengembangkan keterampilan serta kreativitas peserta didik dibidang seni rupa. Setiap anak manusia memiliki potensi mendasar dalam bidang seni, khususnya seni rupa. Potensi ini perlu dikembangkan dan ditanamkan secara dini. Seni Budaya dan Prakarya atau yang biasa disebut sebagai SBDP merupakan salah satu mata pelajaran di dalam kurikulum 2013 yang diajarkan di Sekolah Dasar. Disini siswa akan mempelajari hal-hal mengenai seni music, seni tari, seni budaya dan prakarya (seni rupa). Permasalahan yang terjadi selama pembelajaran adalah kompetensi guru-guru SBDP Mitra tidak memadai untuk berkarya secara digital, sementara pihak mitra harus menyiapkan karya siswa berupa lukis digital untuk dapat mengikuti ajang lomba yang disediakan oleh dinas pendidikan setempat yaitu FLS2N ( Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional). Maka dari itu dengan tim abdimas mencoba untuk membuat karya Lukis digital menggunakan aplisikasi Ibis Paint dengan tujuan para siswa SDN Melong Mandiri 6 Cimahi dapat terus berkarya seni rupa dengan melakukan pelatihan melalui seni rupa dengan penggunaan aplikasi digital. Dengan mencoba untuk melakukan eksperimen membuat karya lukisan menggunakan aplikasi digital yang telah disediakan di berbagai platform gawai, dapat mengembangkan kreatifitas siswa. Kegiatan ini difokuskan kepada pemanfaatan teknologi berupa aplikasi digital untuk membuat karya seni rupa, kemudian hasil dari karya lukis digital tersebut dilakukan evaluasi dalam bentuk perlombaan internal. Outcome yang dihasilkan dari kegiatan tersebut adalah siswa menghasilkan karya seni rupa melalui platform digital Ibis Paint yang pada akhirnya akan dijadikan sebagai peserta lomba FLS2N.

No Comments

Post A Comment